5 Solusi & Penyebab Error E03 Printer Canon MP287

Bercampur - Memperbaiki printer yang bermasalah memang bukanlah hal yang simpel jika kita tidak tahu pasti apa penyebabnya. Untungnya tipe-t...

Bercampur - Memperbaiki printer yang bermasalah memang bukanlah hal yang simpel jika kita tidak tahu pasti apa penyebabnya. Untungnya tipe-tipe printer canon terbaru, seperti Printer Canon PIXMA MP287, memberikan bantuan dengan menunjukkan kode error ketika ada masalah, salah satunya adalah Error E03.

Bagaimana cara melihat kode E03? Pada printer canon MP287, LED Display akan menampilkan E, kemudian 0, dan terakhir 3, secara berulang-ulang. Nah itulah error E03. Apa solusi dan penyebab dari error E03 pada printer canon?

1. Kertas yang Tersangkut
Pada situs Canon, Arti error E03 pada printer canon intinya adalah adanya kertas yang menyangkut. Solusi dari mereka adalah dengan melepas kertas yang tersangkut, dan kemudian tekan kembali tombol Black atau Color. Tapi bagaimana jika kasusnya ternyata tidak ada kertas yang menyangkut?

2. Benda Asing dari Lubang Tatakan Kertas
Solusi lain yang harus dicoba untuk mengatasi error E03 adalah dengan mengecek lubang tempat diletakkannya kertas. Karena beberapa kasus terjadi akibat adanya benda asing didalam lubang tatakan kertas. Bisa saja ada pulpen, rokok, dan benda-benda kecil lain yang menghalangi sensor penarik kertas. Apabila benda asing tersebut sudah dikeluarkan, cobalah untuk melakukan print lagi, bisa jadi E03 telah hilang.

3. Catridge dan Tempat Parkir Catridge yang Kotor
Coba periksa catridge printer pada bagian bawah tempat keluarnya tinta. Bisa jadi catridge printer dikotori oleh tinta. Bersihkan tinta yang terdapat pada bawah catridge tersebut. Selain itu, bersihkan juga tempat parkir catridge printer apabila bagian tersebut juga kotor karena tinta. Sekedar informasi, solusi ini berhasil menghilangkan error E03 pada kasus yang saya alami sendiri.


4. Reset Printer Menggunakan Program
Banyak tutorial yang menjelaskan mengatasi error E03 dengan mereset printer. Pada intinya adalah kamu harus mendownload program atau aplikasi untuk mereset printer, dan kemudian menggunakannya untuk mengembalikan printer ke mode awal. Proses yang satu ini cukup rumit karena melibatkan beberapa step. Pada awalnya kita harus mengaktifkan service mode pada printer, baru kemudian kita dapat menggunakan program yang telah kita download tersebut. Untuk tutorial lengkapnya, yang satu ini akan dijelaskan pada artikel terpisah.

5. Sensor Kertas ASF Rusak
Ini adalah kemungkinan terakhir apabila semua solusi diatas telah dicoba dan tidak berhasil juga. Karena mungkin saja sensor kertas asf pada printer canon telah rusak atau bermasalah. Untuk memperbaikinya, sebaiknya dibawa saja ke tempat service printer untuk menghindari masalah kerusakan yang lain.
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

teknologi 4371157752166002549

Post a Comment

To insert image or video : [img]image-link[/img] or [video]video-link[/video]

emo-but-icon

item