Kapan Hari Anak Internasional, Universal, & Nasional Diperingati?

Pada setiap negara, hari anak diperingati pada tanggal yang berbeda-beda. Untuk Hari Anak Internasional sendiri diperingati setiap tanggal 1...

Pada setiap negara, hari anak diperingati pada tanggal yang berbeda-beda. Untuk Hari Anak Internasional sendiri diperingati setiap tanggal 1 Juni, sedangkan Hari Anak Universal diperingati pada tanggal 20 November. Apa perbedaan Hari Anak Internasional dan Hari Anak Universal? Apa perbedaannya antara kedua Hari Anak tersebut?

Kesepakatan 1 Juni sebagai Hari Anak Internasional sebenarnya terbentuk dalam konvensi International Women Democratic Federation di Moskow, 1949. Persoalan anak-anak di dunia dibahas dalam pertemuan tersebut dan akhirnya membuat dewan memutuskan secara resmi menghormati hak anak, mulai dari hak hidup, pendidikan, kesehatan.

Tepat pada tanggal 20 November 1959, Majelis Umum mengajukan Deklarasi Hak-hak Anak. Tak kurang dari 191 negara menandatangani deklarasi tersebut. Hal tersebut membuat tanggal 20 November dikenal sebagai Hari Anak Universal.

Nah, sekarang bagaimana dengan Hari Anak di Indonesia? Kapan diperingatinya? Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli. Hal tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984.

Apa tujuan dirayakannya Hari Anak? Tentu saja hal ini bertujuan agar kita lebih peduli, menghormati, dan menghargai hak-hak anak. Dengan adanya Hari Anak ini, kita sebagai umat manusia diharapkan dapat lebih menyadari betapa pentingnya kita untuk peduli dan melindungi anak-anak.
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

nasional 6299312426045338178

Post a Comment

To insert image or video : [img]image-link[/img] or [video]video-link[/video]

emo-but-icon

item