Hari Ibu Indonesia Di Google Doodle 22 Desember 2014

Hari ini, tanggal 22 Desember 2014, terlihat tampilan yang berbeda pada halaman utama Google. Google Doodle ikut merayakan Hari Ibu Indonesi...

Hari ini, tanggal 22 Desember 2014, terlihat tampilan yang berbeda pada halaman utama Google. Google Doodle ikut merayakan Hari Ibu Indonesia. Indonesia Mother's Day, begitulah yang ditulis Google Doodle pada halaman  www.google.com. Sebenarnya bagaimana sejarah peringatan Hari Ibu Indonesia?

Peringatan Hari Ibu di Indonesia berawal dari berkumpulnya para pejuang perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatra. Para pejuang perempuan tersebut mengadakan Konggres Perempuan Indonesia I pada tanggal 22-25 Desember tahun 1928 di Yogyakarta.

Dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938, barulah ditetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu Indonesia. Tidak hanya itu, bahkan Presiden Soekarno juga menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959.

Penetapan Hari Ibu juga terinspirasi dari perjuangan para pahlawan wanita pada abad ke-19 seperti M. Christina Tiahahu, Cut Nya Dien, Cut Mutiah, R.A. Kartini, Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Achmad Dahlan, Rangkayo Rasuna Said dan lain-lain.

Sebenarnya tujuan diperingatinya Hari Ibu di Indonesia ini adalah untuk mengungkapkan rasa sayang dan terima kasih kepada para ibu yang telah melahirkan kita ke dunia.

Peringatan Hari Ibu di negara lain bukan tanggal 22 Desember. Contohnya saja di Amerika dan 75 negara lainnya, seperti Kanada, Australia, Jerman, Italia, Belanda, Malaysia, Singapura, Jepang, Hari Ibu diperingati setiap pekan kedua di bulan Mei. Sedangkan di sejumlah negara Eropa dan Timur Tengah, peringatan Hari Ibu dirayakan setiap tanggal 8 Maret.

Selamat Hari Ibu Indonesia :D
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

nasional 9096788973993435916

Post a Comment

To insert image or video : [img]image-link[/img] or [video]video-link[/video]

emo-but-icon

item