Rekaman Asli Percakapan Pesawat Adam Air Versi KNKT

Rekaman asli percakapan antara Pilot dan Co-Pilot Pesawat Adam air telah dirilis pada tahun 2008 lalu oleh Komisi Nasional Keselamatan Trans...

Rekaman asli percakapan antara Pilot dan Co-Pilot Pesawat Adam air telah dirilis pada tahun 2008 lalu oleh Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Transkrip percakapan Pilot Kapten Revri dan kopilot Yoga dipublikasikan oleh KNKT.Pesawat Adam Air tersebut jatuh di Perairan Majene, Sulawesi Barat, pada tanggal 1 Januari 2007 silam.

Transkrip rekaman cockpit voice recorder (CVR) Adam Air itu dipublikasi dalam sebuah laporan lengkap tentang peristiwa jatuhnya pesawat Adam Air setebal 98 halaman. Nomor laporan KNKT/07.01/08.01.36. Laporan ditulis dalam bahasa Inggris dan sudah dimuat pada situs www.dephub.go.id/knkt


Terlihat berbeda dengan rekaman pesawat Adam Air yang saat ini beredar lewat internet, (Baca : Rekaman Palsu Percakapan Pesawat Air Asia) berikut adalah transkrip dari rekaman percakapan pilot dan kopilot Adam Air sesaat sebelum pesawat pecah menghatam laut.

Waktu percakapan dalam transkrip 06:56:55.2 Universal Time Coordinate (UTC) atau sekitar pukul 13.56 WIB. 

Pilot (P) : Taruh di IRS attitude
Kopilot (K) : Oke Kep
P : Masukkan
P : Masih fail (gagal)
K : Fail
P : Ada fault. Pilih attitude
K : mengalihkan ke mode IRS
P : Attitude left
K : Left
P : Setelah ini heading set ya, masukin ya..

Suara autopilot mati 4 detik berikutnya. 

Kemudian lanjutan transkrip yang diambil antara 06:47:10 UTC-06:50:21 UTC atau pukul 13.47 WIB-13.50 WIB. Dalam percakapan ini terungkap IRS tidak berfungsi. 

P : Lihat QRH. Kalau IRS nomor 2 mati, lihat ada apa.
K : IRS
P : Navigasi, FMS (Flight Management System, komputer di cockpit yang berfungsi mengatur penerbangan dari pesawat tersebut), lihat FMS-nya.
K : IRS fault
P : Eleven four, itu nggak fault
K : Itu nggak fault
P : IRS-nya salah
K : Tapi faultnya harus dinyalakan Capt
P : Iya, itu nggak fault
K : Yes, on the ground flight
K : Yang satu ini on the ground
K : IRS fault eleven four
P : Itu nggak fault
K : No.. no.. no..

Ada kata-kata 'flight' yang terekam, namun tidak bisa diidentifikasi siapa yang mengucapkannya. 

K : Yang left bagus
P : Ya, itulah kenapa
P : Bisakah kita mematikan salah satu IRS?
K : Sepertinya nggak perlu
P : Nggak ada apa-apa
P : Nggak ada apa-apa
K : Radial, two nine zero, yup

06:58:10.6 UTC atau sekitar pukul 13.58 WIB, suara peringatan bank angle berbunyi 4 kali. 

P : Taruh NAV lagi, taruh NAV lagi
K : Yes
P : Taruh di NAV lagi, taruh NAV lagi

Ada suara peringatan altitude deviation 

K : NAV
P : Jangan dibelokin! Ini heading kita
K : Hentikan! Hentikan! Hentikan! Hentikan! Hentikan! Hentikan!

Kemudian pukul 06:59:05 UTC atau pukul 13.59 WIB terdengar suara hantaman keras
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

nasional 811457404473413520

Post a Comment

To insert image or video : [img]image-link[/img] or [video]video-link[/video]

emo-but-icon

item