Rekaman Asli Percakapan Pesawat Adam Air Versi KNKT
Rekaman asli percakapan antara Pilot dan Co-Pilot Pesawat Adam air telah dirilis pada tahun 2008 lalu oleh Komisi Nasional Keselamatan Trans...
https://bercampur.blogspot.com/2014/12/rekaman-asli-percakapan-pesawat-adam_31.html
Transkrip rekaman cockpit voice recorder (CVR) Adam Air itu dipublikasi dalam sebuah laporan lengkap tentang peristiwa jatuhnya pesawat Adam Air setebal 98 halaman. Nomor laporan KNKT/07.01/08.01.36. Laporan ditulis dalam bahasa Inggris dan sudah dimuat pada situs www.dephub.go.id/knkt
Terlihat berbeda dengan rekaman pesawat Adam Air yang saat ini beredar lewat internet, (Baca : Rekaman Palsu Percakapan Pesawat Air Asia) berikut adalah transkrip dari rekaman percakapan pilot dan kopilot Adam Air sesaat sebelum pesawat pecah menghatam laut.
Waktu percakapan dalam transkrip 06:56:55.2 Universal Time Coordinate (UTC) atau sekitar pukul 13.56 WIB.
Pilot (P) : Taruh di IRS attitude
Kopilot (K) : Oke Kep
P : Masukkan
P : Masih fail (gagal)
K : Fail
P : Ada fault. Pilih attitude
K : mengalihkan ke mode IRS
P : Attitude left
K : Left
P : Setelah ini heading set ya, masukin ya..
Suara autopilot mati 4 detik berikutnya.
Kemudian lanjutan transkrip yang diambil antara 06:47:10 UTC-06:50:21 UTC atau pukul 13.47 WIB-13.50 WIB. Dalam percakapan ini terungkap IRS tidak berfungsi.
P : Lihat QRH. Kalau IRS nomor 2 mati, lihat ada apa.
K : IRS
P : Navigasi, FMS (Flight Management System, komputer di cockpit yang berfungsi mengatur penerbangan dari pesawat tersebut), lihat FMS-nya.
K : IRS fault
P : Eleven four, itu nggak fault
K : Itu nggak fault
P : IRS-nya salah
K : Tapi faultnya harus dinyalakan Capt
P : Iya, itu nggak fault
K : Yes, on the ground flight
K : Yang satu ini on the ground
K : IRS fault eleven four
P : Itu nggak fault
K : No.. no.. no..
Ada kata-kata 'flight' yang terekam, namun tidak bisa diidentifikasi siapa yang mengucapkannya.
K : Yang left bagus
P : Ya, itulah kenapa
P : Bisakah kita mematikan salah satu IRS?
K : Sepertinya nggak perlu
P : Nggak ada apa-apa
P : Nggak ada apa-apa
K : Radial, two nine zero, yup
06:58:10.6 UTC atau sekitar pukul 13.58 WIB, suara peringatan bank angle berbunyi 4 kali.
P : Taruh NAV lagi, taruh NAV lagi
K : Yes
P : Taruh di NAV lagi, taruh NAV lagi
Ada suara peringatan altitude deviation
K : NAV
P : Jangan dibelokin! Ini heading kita
K : Hentikan! Hentikan! Hentikan! Hentikan! Hentikan! Hentikan!
Kemudian pukul 06:59:05 UTC atau pukul 13.59 WIB terdengar suara hantaman keras